Jumat, 23 Oktober 2009

Pembuatan PCB pada rangkaian Robotika

Menuangkan Rancangan ke Jalur PCB

setelah rancangan jadi berupa file ataupun rancangan di kertas, bila rancangan anda gambarkan di kertas, adnda tinggal fotocopy gambar tersebut ke media yang licin, seperti palstik transparansi, kertas kalkir ataupun kertas kalender yang tebal. setelah rancangan jadi berupa file ataupun rancangan di kertas, bila rancangan anda gambarkan di kertas, tinggal Fotocopy adnda gambar tersebut ke media yang LICIN, seperti Transparansi palstik, kertas kalkir ataupun kertas kalender yang tebal. Bila berupa file print gambar ke transparansi, ataupun kertas kalkir ataupun kertas kalender dengna printer laser. Bila berupa file print gambar ke Transparansi, ataupun kertas kalkir ataupun kertas kalender dengna printer laser. O)O ya perlu diingatkan bagian tempat print pada kertas kalender yang tidak bergambar. O) O ya perlu diingatkan bagian tempat print pada kertas kalender yang tidak bergambar.

PCB yang akan digunakan dibersihkan, dapat meggunakan sabun ataupun ampelas, ini bertujuan agar jalur yang digunakan bersih dari debu dan kotoran lain2, yang paling baik adalah dengan mengampelasnya. Digunakan PCB yang akan dibersihkan, dapat meggunakan sabun ataupun ampelas, ini bertujuan agar jalur yang Digunakan bersih dari debu dan kotoran lain2, yang paling baik adalah dengan mengampelasnya. jika kurang bersih takutnya jalur yang kita salin tidak menempel pada pcb tetapi malah debu atau kotoran. Jika kurang bersih takutnya jalur yang kita Salin tidak menempel pada PCB tetapi malah debu atau kotoran.

potong pcb sesuai keperluan, lalu tempelkan jalur yang sudah di print ke pcb. PCB potong sesuai keperluan, lalu tempelkan jalur yang sudah di print ke PCB. nyalakan setrika listrik jangan terlalu panas, kurangi satu bar pada settingan setrika. nyalakan Setrika listrik jangan terlalu panas, Kurangi satu bar pada settingan Setrika. ini dimaksudkan agar pada saat setrika plastik tempat gambar jalur tidak akan bergeser, ataupun setrika dinyalakan full harus di lapisi dengan kertas lain. ini dimaksudkan agar pada saat Setrika plastik tempat gambar jalur tidak akan bergeser, Setrika dinyalakan penuh ataupun harus di lapisi dengan kertas lain.

lalu setrika plastik atau kertas tadi yang sudah menempel di pcb, perlu diingat jangan mendiamkan lama2 setrika di atas pcb, ini dimaksudkan agar tinta pada jalur tidak meleleh dan meluber. Setrika lalu plastik atau kertas tadi yang sudah menempel di PCB, perlu diingat jangan mendiamkan lama2 Setrika di atas PCB, ini dimaksudkan agar tinta pada jalur tidak meleleh dan meluber. setrika secukupnya sampai jalur sudah tersalin. Setrika secukupnya sampai jalur sudah tersalin.

lalu lepas plastik tadi. lalu lepas plastik tadi. ada tips dari kawan kita agung, kalo melepasnya sambil direndam dengan air dingin, ini sangat masuk akal, juka keadaan pcb tadi panas, maka kemungkinan tintanya juga belum membeku. ada tips dari kawan kita agung, kalo melepasnya sambil direndam dengan air dingin, ini sangat masuk akal, juka keadaan pcb tadi panas, maka Kemungkinan tintanya juga belum membeku. sampai disini penyalinan gambar ke pcb sudah selesai. sampai disini penyalinan gambar ke PCB sudah selesai.

Penyempurnaan PCB Penyempurnaan PCB

sediakan wadah yang cukup untuk pcb yang terbuat dari plastik. Sediakan wadah yang cukup untuk PCB yang terbuat dari plastik. lalu larutkan ferriclorit pada air mendididh secukupnya, setelah teraduk rata masukkan pcb yang sudah ada jalur tadi kedalam larutan ferriclorit, perlu diingat jangan mengaduk dengan bahan besi, gunakannlah dengan yang berbahan plastik ataupun kayu. lalu larutkan ferriclorit udara pada mendididh secukupnya, setelah teraduk rata masukkan PCB yang sudah ada jalur tadi kedalam larutan ferriclorit, perlu diingat jangan mengaduk dengan bahan besi, gunakannlah dengan yang berbahan plastik ataupun kayu.

setelah selesai bersihkan kembali pcb dari tinta yang menempel pada pcb, bisa menggunakan ampelas, thiner dan lain2. setelah selesai bersihkan kembali PCB dari tinta yang menempel pada PCB, bisa Menggunakan ampelas, thiner dan lain2. Bersihkan sebersih-bersihnya pcb dari kotoran, agar pada saat menyolder timah lansung menempel pada pcb. Sebersih-bersihnya Bersihkan PCB dari kotoran, agar pada saat Menyolder timah lansung menempel pada PCB.

lalu pasang terlebih dahulu komponen-komponen kecil terlebih dahulu, rapikan usahakan semua kakinya masuk dengan tepat, jangan memperpanjang kaki komponen keluar karena bisa saja mengganggu peletakkan komponen lain ataupun tersenggol dengan komponen lain. lalu pasang terlebih dahulu komponen-komponen kecil terlebih dahulu, rapikan usahakan semua kakinya masuk dengan tepat, jangan memperpanjang kaki komponen keluar karena bisa saja mengganggu peletakkan komponen lain ataupun tersenggol dengan komponen lain.

Selanjutnya ke komponen lebih besar. Selanjutnya ke komponen lebih besar.

setelah semua selesai semua komponen terpasang maka pembuatan rangkaian sudah selesai.

Dalam Beberapa pembuatan PCB melalui tahap, yaitu:
  1. Penyusunan Komponen Penyusunan Komponen
  2. Penggambaran Rancangan Jalur Penggambaran Rancangan Jalur
  3. Menuangkan Rancangan Jalur ke PCB Menuangkan Rancangan Jalur ke PCB
  4. Penyempurnaan PCB Penyempurnaan PCB
  5. Pemasangan Komponen dan Penyolderan Pemasangan Komponen dan Penyolderan
  6. Penyempurnaan Penyempurnaan

Penyusunan Komponen Penyusunan Komponen

Penyusunan komponen disini adalah penyusunan komponen menggunakan software PCB layout editor. software ini sendiri ada yang free dan ada juga yang bayar. Penyusunan komponen disini adalah penyusunan komponen perangkat lunak Menggunakan PCB layout editor. Software ini sendiri ada yang gratis dan ada juga yang bayar. Contoh editor PCB yang dapat digunakan adalah Contoh editor PCB yang dapat Digunakan adalah

  1. Express PCB Express PCB
  2. Eagle Eagle
  3. FreePCB FreePCB
  4. Rimu PCB Rimu PCB

Pertama sekali harus mengenal alat yang akan dibuat, setidaknya harus menetapkan ukuran maksimal sehingga dapat di tentukan ukuran PCB Maksimal. Pertama sekali harus mengenal alat yang akan dibuat, setidaknya harus Menetapkan ukuran maksimal Sehingga dapat di Tentukan ukuran PCB Maksimal. Sebelum menyusun setidaknya harus di kenal komponen-komponen yang akan digunakan, termasuk ukuran dan sifat-sifatnya seperti ketahanan panas. Sebelum Menyusun setidaknya harus di kenal komponen-komponen yang akan Digunakan, termasuk ukuran dan sifat-sifatnya seperti ketahanan panas. Dimana komponen-komponen yang mudah panas di berikan jeda untuk tempat memasang heatsink. Dimana komponen-komponen yang mudah panas di berikan jeda untuk tempat memasang heatsink.
Dalam penyusunan Komponen, usahakan komponen yang biasa di buka pasang dan gampang rusak di letakkan di pinggir. Dalam penyusunan Komponen, usahakan komponen yang biasa di buka pasang dan gampang rusak di letakkan di pinggir. Cara ini berguna agar bila terjadi kerusakan komponen ataupun penggantian komponen dapat dengan mudah di lakukan. Cara ini berguna agar bila terjadi kerusakan komponen ataupun penggantian komponen dapat dengan mudah di Lakukan. Termasuk untuk mencabut dan memasang komponen kembali dan juga yang menggunakan socket ataupun tidak. Termasuk untuk mencabut dan memasang komponen kembali dan juga yang Menggunakan soket ataupun tidak.
Letakkan komponen-komponen yang sama searah agar pada saat pemasangan komponen tidak bingung mengenai arah. Letakkan komponen-komponen yang sama searah agar pada saat pemasangan komponen tidak bingung mengenai arah. Hal seperti ini dilakukan dalam peletakkan IC juga transistor. Hal seperti ini dilakukan dalam peletakkan IC juga transistor. Selain memudahkan dalam pemasangan ataupun melepaskan, disini juga terletak nilai seninya. Selain memudahkan dalam pemasangan ataupun Melepaskan, disini juga Terletak nilai seninya.
Dalam peletakkan komponen yang keciilpun dapat dengan berbagai cara. Dalam peletakkan komponen yang keciilpun dapat dengan berbagai cara. Seperti komponen resistor tabung dan diode yang biasanya mempunyai fisik yang memanjang ramping bias di letakkan berdiri. Seperti komponen resistor tabung dan diode yang biasanya mempunyai fisik yang memanjang ramping bias di letakkan berdiri.
Dan perlu diingat kempabali penyusunan komponen harus di sesuaikan dengan ukuran PCB, dan juga jangan terlalu rapat, agar mudah dalam pengambilan data atupun analisa. Dan perlu diingat kempabali penyusunan komponen harus di sesuaikan dengan ukuran PCB, dan juga jangan terlalu rapat, agar mudah dalam pengambilan data atupun analisa.

Penggambaran Rancangan Jalur Penggambaran Rancangan Jalur

Dalam pengambaran jalur, komponen-komponen yang mempunyai nomor pin dan juga mempunyai kutub footprintnya harap ditandai. Dalam pengambaran jalur, komponen-komponen yang mempunyai nomor pin dan juga mempunyai kutub footprintnya harap ditandai. Hal ini di maksudkan agar tidak terbalik dalam pemasangan komponen. Hal ini di maksudkan agar tidak terbalik dalam pemasangan komponen.


Dalam pengambaran jalur lebar garis jalur dan jarak antar jalur usahakan seefektif mungkin, ini di maksdukan agar mudah dalam pelunturan jalur yang tidak dipakai dan penyolderan mudah dilakukan. Dan bila terdapat jeda yang besar usahakan di isi, bias berhubungan dengan jalur ataupun lepas dari jalur. Dan bila Terdapat jeda yang besar usahakan di isi, bias berhubungan dengan jalur ataupun lepas dari jalur.
Misalnya akan di buat rangkaian Multivibrator Misalnya akan di buat rangkaian Multivibrator

Dalam pengambaran jalur lebar garis jalur dan jarak antar jalur usahakan seefektif mungkin, ini di maksdukan agar mudah dalam pelunturan jalur yang tidak dipakai dan penyolderan mudah dilakukan. Dalam pengambaran jalur lebar garis jalur dan jarak antar jalur usahakan seefektif mungkin, ini di maksdukan agar mudah dalam pelunturan jalur yang tidak dipakai dan penyolderan mudah dilakukan. Dan bila terdapat jeda yang besar usahakan di isi, bias berhubungan dengan jalur ataupun lepas dari jalur. Dan bila Terdapat jeda yang besar usahakan di isi, bias berhubungan dengan jalur ataupun lepas dari jalur.
Misalnya akan di buat rangkaian Multivibrator Misalnya akan di buat rangkaian Multivibrator

Pada rangkain multifibrator ini akan dibuat rangkaian dengan luas PCB 3X3 cm. Pada rangkain multifibrator ini akan dibuat rangkaian PCB dengan luas 3x3 cm. Lalu komponen disusun serapi mungkin dan seefisien mungkin. Komponen lalu disusun serapi mungkin dan seefisien mungkin.


Pada penyusunan komponen diatas, pin led untuk katoda berbentuk kotak, dan terminal 2 pin untuk ground berbentuk kotak. Pada penyusunan komponen diatas, pin dipimpin untuk katoda berbentuk kotak, dan Terminal 2 pin untuk tanah berbentuk kotak. Peletakkan resistor 2 buah resistor diletakkan tidur dan 2 buah resistor diletakkan berdiri. Peletakkan resistor 2 buah resistor diletakkan tidur dan 2 buah resistor diletakkan berdiri. Resistor yang diletakkan tidur dimaksudkan agar diantara pin resistor bias di lewati jalur, dan resistor yang diletakkan berdiri maka antara pin tidak akan di lewatkan jalur. Resistor yang diletakkan tidur dimaksudkan agar diantara pin resistor bias di Lewati jalur, dan resistor yang diletakkan berdiri maka antara pin tidak akan di lewatkan jalur.

Lalu jalur PCB digambar seegisien mungkin. Pada rangkaian ini lebar jalur PCB yang saya gunakan adalah 0.7 cm. Pada rangkaian ini lebar jalur PCB yang saya gunakan adalah 0,7 cm.

Sampai disini penggambaran PCB sebenarnya sudah selesai. Sampai disini penggambaran PCB sebenarnya sudah selesai. Tetapi dapat dilihat banyak sekali space yang masih kosong. Tetapi dapat dilihat banyak sekali space yang masih kosong. Kelemahan dari gambar PCB ini, pada saat melunturkan PCB akan berlansung lama, mengingat banyak space yang akan di lunturkan pula, ini mempunyai resiko jalur yang akan di gunakan akan terangkat pula. Kelemahan dari gambar PCB ini, pada saat melunturkan PCB akan berlansung lama, Mengingat banyak ruang yang akan di lunturkan pula, ini mempunyai resiko jalur yang akan di gunakan akan terangkat pula. Untuk ini dapat di lakukan penutupan pada jalur yang tidak dipakai. Untuk ini dapat di Lakukan penutupan pada jalur yang tidak dipakai.

sampai disini perancangan jalur sudah selesai Perancangan jalur sampai disini sudah selesai


Sensor Proximity untuk Line Trace

sensor adalah sensor jarak untuk Mendeteksi ada atau tidaknya Suatu obyek. Dalam dunia robotika, sensor proximity seringkali digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya suatu garis pembimbing gerak robot atau lebiah dikenal dengan istilah “Line Follower Robot “ atau “ Line Tracer Robot”, juga biasa digunakan untuk mendeteksi penghalang berupa dinding atau penghalang lain pada Robot Avoider. Dalam dunia ROBOTIKA, sensor kedekatan seringkali Digunakan untuk Mendeteksi ada atau tidaknya Suatu garis Pembimbing gerak robot atau lebiah dikenal dengan istilah "Line Follower Robot" atau "Line Tracer Robot", juga biasa Digunakan untuk Mendeteksi Penghalang Penghalang berupa dinding atau lain pada Robot Avoider. Jenis sensor proximity meliputi limit switch (saklar mekanik), ultrasonic proximity, Jenis sensor jarak batas meliputi switch (saklar mekanik), ultrasonik kedekatan, proximity(infra merah), kamera dan lain sebagainya. kedekatan (infra merah), kamera dan lain sebagainya.

Sensor proximity yang digunakan untuk line follower robot dibuat menggunakan pasangan LED / Infrared dan phototransistor. Sensor jarak yang Digunakan untuk line follower robot dibuat Menggunakan pasangan LED / Infrared dan fototransistor. Bila cahaya LED memantul pada garis dan diterima oleh basis phototransistor maka phototransistor menjadi saturasi(on)sehingga tegangan output akan mendekati 0 volt. Bila cahaya LED memantul pada garis dan diterima oleh fototransistor dasar fototransistor maka menjadi saturasi (on) Sehingga tegangan output akan Mendekati 0 volt. Sebaliknya jika tidak terdapat pantulan maka basis phototransistor tidak mendapat arus bias sehingga menjadi cut-off, dengan demikian tegangan output sama dengan tegangan Induk (Vcc). Jika sebaliknya maka tidak Pantulan Terdapat dasar arus fototransistor tidak mendapat Sehingga menjadi bias cut-off, dengan demikian tegangan output sama dengan tegangan Induk (Vcc). Output rangkaian masih memiliki kemungkinan tidak pada kondisi ideal bila intensitas pantulan cahaya LED pada garis lemah, misalnya karena perubahan warna atau lintasan yang kotor. Output rangkaian masih memiliki Kemungkinan tidak pada kondisi ideal bila intensitas Pantulan cahaya LED pada garis lemah, Misalnya karena perubahan warna atau Lintasan yang kotor. Untuk mengatasi hal tersebut ditambahkan rangkaian pembanding yang membandingkan output sensor dengan suatu tegangan threshold yang dapat diatur dengan memutar trimmer potensio. Untuk mengatasi hal tersebut ditambahkan rangkaian pembanding yang membandingkan output sensor dengan tegangan Suatu ambang batas yang dapat diatur dengan memutar penghias potensio. Untuk mengetahui hasil dari sensor, alangkah baiknya diberi lampu indicator yang disambungkan dengan output dari komparator. Untuk Mengetahui hasil dari sensor, alangkah baiknya diberi lampu indicator yang disambungkan dengan output dari komparator.

sumber dari :Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma


Tidak ada komentar: